Rabu, 01 April 2015

Grand Opening DESA WISATA SUMBERASRI (Wisata Durian Lereng Kelud)

Desa Sumberasri Kecamatan Nglegok sebuah desa yang berada di Lereng Gunung Kelud memiliki potensi bagus yang dapat dikembangkan menjadi kawasan wisata alam yang secara langsung dapat berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Potensi Alam :

1)        Desa Sumberasri adalah daerah penghasil Durian, hampir setiap warga menanam buah ini mulai dari pekarangan rumah bahkan kebun durian. Potensi ini jika dikelola dengan baik akan menjadi magnet bagi wisatawan.

2)        Lereng Kelud dengan panorama yang indah, suhu udara yang sejuk didukung adanya Air Terjun Ondhorante, Gardu Pandang Kelud, Perkebunan Coklat,Perkebunan Durian dan Hutan Lindung.

3)        Keberadaan situs Purbakala Peninggalan Kerajaan Majapahit di Dusun Gambaranyar Desa Sumberasri Kecamatan Nglegok berupa Candi yang disebut Candi Gambar Wetan dengan panorama yang masih alami.

Selain potensi alam banyak potensi yang dapat mendukung terwujudnya sebuah Desa Wisata diantaranya

a.       Budaya gotong royong masyarakat yang cukup besar.

Semangat gotong royong masyarakat Desa Sumberasri masih menonjol terbukti dengan banyaknya kegiatan-kegiatan partisipatif yang dimotori oleh kekuatan masyarakat seperti :

Kegiatan Tradisi Bersih Desa, Membangun Rumah Warga, Kerja bakti untuk fasilitas umum.

b.      Sumber daya manusia /SDM yang mumpuni.

Keberadaan Lembaga Desa, Organisasi Masyarakat seperti Kelompok Informasi Masyarakat (KIM Waradesa), Karang Taruna, Kelompok Tani dan Grup Kesenian  yang sudah terbiasa saling membahu merupakan asset yang tidak ternilai harganya.

Dengan adaya Potensi –potensi diatas maka masyarakat desa Sumberasri telah sepakat dan berkomitmen menjadikan desa Sumberasri sebagai Desa Wisata.

Tujuan  terbentuknya Sumberasri sebagai Desa Wisata :

1.    Terciptanya lapangan kerja baru

2.    Menumbuh kembangkan ekonomi kreatif masyarakat

3.    Percepatan pembangunan infrastruktur perdesaan

4.    Membangun budaya wisata masyarakat ( membudayakan : Kebersihan, Keindahan, Ketertiban dan Keamanan ).

5.    Menciptakan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Blitar.

Secara khusus tujuan kegiatan Grand Opening  Desa Wisata adalah mensosialisasikan tujuan mulia ini kepada masyarakat Desa Sumberasri dan sebagai tanda dimulainya tatanan kehidupan baru bagi masyarakat desa Sumberasri kearah kehidupan yang sejahtera dan bermartabat.

Kegiatan Lounching Desa Wisata Sumberasri sesuai rencana dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada hari Sabtu 28 Pebruari 2015 sampai dengan Minggu 1 Maret 2015 bertempat di Lapangan Olah Raga Dusun Sumbersari Desa Sumberasri Kecamatan Nglegok. Acara dikemas seperti halnya kegiatan Bazar dan Panggung Hiburan Rakyat bertema Durian Lereng Kelud.

Kegiatan yang dirancang kurang lebih tiga minggu ini ternyata disambut antusias oleh masyarakat desa Sumberasri terbukti stan pameran yang semula diprediksi minim peserta ini menjadi penuh berjejalan.  Selain peserta dari 13 RW se Sumberasri juga dimeriahkan oleh PT.Perkebunan dan Dagang Gambar,  9 Kelompok Tani, 10 Petani dan Pedagang Durian, 10 Peserta Kuliner Lereng Kelud, Lembaga Desa Seperti PKK, LPMD dan BPD.

Dengan publikasi yang singkat melalui jejaring social seperti gerakan facebook, web blog, BBM, dan ledang pengunjung yang datang sungguh diluar prediksi panitia/KIM Waradesa sehingga bazaar yang sedianya diadakan 2 hari 2 malam ini selesai sebelum waktunya karena para peserta pameran kehabisan stock. Lebih dari 23.000 durian ludes terjual, termasuk makanan olahan durian, kuliner Lereng Kelud, bahkan 530 batang bibit durian terjual.

Kegiatan yang tidak kalah menarik lainnya yakni Lelang Durian. Ternyata para maniac durian ini juga memburu seni selain menikmati kelezatan buahnya. Para peserta lelang yang bersaing ketat penawarannya membuktikan bahwa durian itu buah yang patut diperebutkan layaknya emas dan permata.

Satu lagi yang sempat mendapat perhatian pengunjung dan media masa adalah Kirap Tumpeng Durian. Gunungan berisi 130 buah durian dan 15kg rambutan (sesuai dengan angka tanggal1-3-2015) dikirab dari Kantor Dusun menuju lokasi Launching diikuti oleh atraksi ogoh-ogoh yang ditandu puluhan pemuda berkostum dan iringan gamelan ala Bali terasa seperti sedang berada di Pulau Dewata. Atraksi ini dikemas demikian mengandung maksud semangat wisata yang ada di Bali ini dapat kita tumbuhkan di Sumberasri. Kegiatan semacam ini direncanakan menjadi event tahunan dimana sedang puncaknya panen durian di Sumberasri.

Dengan semangat gotong royong masyarakat serta dukungan dari Pemerintah  dan segenap elemen diharapkan tujuan dan harapan masyarakat untuk menjadikan Desa Sumberasri  sebagai salah satu Desa Wisata yang berbasis masyarakat ini dapat segera terwujud. Mbah Endrik_Kim.Waradesa 2015



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WARGA SUMBERASRI DALAM MEMPERINGATI HARI BUMI

              Sekitar seribu lebih peserta Jelajah Lereng Kelud tingkat Jawa Timur antusias mengikuti jelajah alam menyusuri pegunungan...