Jumat, 04 April 2014

SOSIALISASI PROGRAM ALOKASI DANA DESA TAHUN 2014 KAB. BLITAR

Nglegok, 4 April 2014.
          Sosialisasi ADD 2014 dilaksanakan BAPEMAS Kabupaten Blitar di Gedung KPRI Kecamatan Nglegok yang dihadiri oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dari 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Nglegok, Sanankulon, Garum dan Ponggok..
Acara diawali sambutan Camat Nglegok Muslih Hadi Wibowo,SP, MM selaku tuan rumah. Dalam sambutannya Camat Nglegok mengatakan bahwa tempat Sosialisasi ADD yang seharusnya di Gedung Pemuda Kecamatan Nglegok akhirnya dilaksanakan di Gedung KPRI karena dipakai untuk menyimpan logisatik Pemilu 9 April mendatang. 
             Acara Sosialisasi ini merupakan agenda tahunan setiap kali memasuki tahun anggaran baru dimana setiap tahunnya mengalami perubahan Petunjuk Teknis mengingat perkembangan Program ini yang dinilai telah berhasil dalam percepatan pembangunan. sebagaimana diamanahkan UU Nomor 6 Tahun 2013 bahwa desa akan diberikan dana perimbangan sebesar Rp. 1,2 s/d 1,5 M per tahun sehingga desa nantinya akan menjadi perhatian dan fokus pengawasan.selain dari Inspektorat Kabupaten juga dari BPK dan Masyarakat seperti yang dipaparkan narasumber Joni Setyawan,M.Si.  
             Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2014 sebagai ajang tertib administrasi dan pertanggung jawaban. Sebagai persyaratan ADD desa harus menyelesaikan tahapan-tahapan diantaranya:
  1. Penyusunan RPJMDes (5 tahunan atau sesuai dengan masa jabatan Kepala Desa)
  2. RKPDes yang merupakan kesatuan dari APBDes dan output berupa LK ADD;
  3. Pengelolaan Kegiatan secara transparan, partisipatif;
  4. Desa wajib membuat LPPD, LKPj Kades (setiap tahun anggaran dan diakhir jabatan) Pasal 30 UU Nomor 6 Tahun 2013.
Besarnya alokasi masing-masing desa bervariatif berdasarkan pertimbangan Luas wilayah, Jumlah Penduduk, Jumlah Rumah Tangga Miskin  dan sebagainya yang dalam penggunaannya juga memperhatikan alokasi tambahan untuk :
  • Karang Wreda / Pemberdayaan Lansia
  • Operasional KPMD
  • Pembangunan sistem informasi manajemen Pemerintahan Desa (berupa aplikasi)
  • Optimalisasi Profil Desa / Pendataan dan pemetaan BUMDes

           Guna menyiapkan sumberdaya / kapasitas pelaku program BAPEMAS Kabupaten Blitar dalam tahun2014 ini akan mengadakan Bimbingan Teknis kepada Kepala Desa, Sekretaris Desa, BPD dan LPMD agar pelaksanaan program pembangunan di desa sesuai harapan. Mbah Drik

2 komentar:

  1. siipp... mantap
    visit back gan
    http://www.istanamadumurni.web.id/

    BalasHapus
  2. cara mudah menyusun APBDES dan SPJ ADD, menggunakan aplikasi SIMKADES. bisa cek di www.IT-Addict.net atau di Facebook Fan Page :https://www.facebook.com/SistemInformasiManagementAlokasiDanaDesasimAdd terima kasih

    BalasHapus

WARGA SUMBERASRI DALAM MEMPERINGATI HARI BUMI

              Sekitar seribu lebih peserta Jelajah Lereng Kelud tingkat Jawa Timur antusias mengikuti jelajah alam menyusuri pegunungan...