Rabu, 15 April 2015

KIM HARUS MAMPU BERMESRAAN DENGAN MEDIA

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai salah satu Program Ungulan Dinas KOMINFO Provinsi Jawa Timur mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.
 Era keterbukaan informasi yang didorong oleh perkembangan teknologi informasi dan Komunikasi (TIK), menjadikan dunia seakan tanpa mengenal batas wilayah. Manusia dengan mudah dan cepat dapat mengakses informasi yang dibutuhkan. Kondisi ini, apabila tidak diimbangi dengan kesiapan sumber daya manusia dalam memilah dan memilih informasi yang tersedia secara transparan berdampak pada kontra produktif dalam kerangka pembangunan di segala bidang.


Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) memiliki peran strategis dalam upaya menjawab tantangan tersebut, karena KIM sebagai komunitas masyarakat informasi yang tumbuh dan berkembang di tengah – tengah kehidupan masyarakat khususnya di Indonesia merupakan masyarakat sadar informasi yang diharapkan dapat berperan menjadi fasilitator untuk menjembatani kesenjangan komunikasi dan informasi yang terjadi antara pemerintah dengan masyarakat (top down) atau sebaliknya antara masyarakat dan pemerintah (bottom up).

KIM sebagai agen informasi, berperan aktif mendistribusikan informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat, sehingga masyarakat dapat melakukan langkah antisipatif yang bermanfataan untuk menopang aktivitas mereka. Agar peran KIM dapat dinikmati oleh masyarakat maka KIM juga harus mampu membuat inovasi dan bersinergi dengan lembaga lain (sumber informasi dan media informasi ). KIM memang memiliki kelebihan dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat karena keberadaannya ditengah-tengah masyarakat. Namun sekarang ini masyarakat lebih mengandalkan media Radio dan Televisi sebagai media informasi dan hiburan sehingga informasi yang diperoleh terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Menyikapi hal ini KIM Waradesa merangkul media lain (Radio) untuk mensosialisasikan KIM itu sendiri juga dalam rangka desiminasi informasi.
Radio Persada FM Blitar sebuah lembaga penyiaran ternama di Blitar Raya telah memberikan ruang bagi KIM untuk berbagai informasi kepada masyarakat. Dengan demikian KIM lebih dikenal oleh mayarakat sehingga keberadaannya dapat membantu kebutuhan masyarakat dalam bidang informasi.  Mbah Drik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WARGA SUMBERASRI DALAM MEMPERINGATI HARI BUMI

              Sekitar seribu lebih peserta Jelajah Lereng Kelud tingkat Jawa Timur antusias mengikuti jelajah alam menyusuri pegunungan...