Sabtu, 14 April 2012

MASIH PERAWAN


K
abupaten Blitar sebenarnya memiliki potensi wisata yang banyak dan beragam. Jika kita mau menginfentarisasi potensi wisata sungguh Kabupaten Blitar merupakan miniatur kawasan wisata Indonesia dimana keunggulan-keunggulan kawasan wisata Nusantara telah terwakili semua mulai wisata bahari, agro, situs purbakala, wanawisata, maupun wisata religi.  Namun kelihatannya potensi yang luar biasa ini belum tersentuh konsep pengembangan atau sama sekali tidak terkonsep dengan baik.  Terbukti beberapa potensi wisata terabaikan yang semestinya dapat menjadi icon bahkan Pendapatan Asli Daerah seperti potensi wisata Blitar Utara.

Selama ini Blitar hanya dikenal dengan wisata Candi Penataran dan Makam Bung Karno ( Kota Blitar )  yang telah mampu menyedot wisatawan domestic dan mancanegara. Blitar selatan yang terkenal dengan pantai Tambakrejo, Pantai Serang kurang diminati wisatawan karena terlalu alami ( apa adanya ).

Blitar Utara ternyata juga masih banyak potensi wisata yang masih perawan ( belum terjamah / dikelola Pemerintah Kabupaten Blitar ) seperti Air Terjun Ondhorante, Candi Gambarwetan, Gardu Pandang Gambar yang berada di wilayah Kecamatan Nglegok tepatnya di Desa Sumberasri. Selama ini potensi wisata tersebut masih belum tersentuh konsep pengembangan wisata. 

Sebenarnya potensi wisata tersebut juga telah didukung oleh potensi lain seperti kondisi sosial masyarakat yang guyub rukun gotong royong, relawan desa yang terbuai mimpi memajukan desa melalui pengembangan wisata di Desa Sumberasri. Juga keberadaan PT Perkebunan dan Dagang Gambar yang selama ini banyak peduli dengan masyarakat sekitar.
Masyarakat Desa Sumberasri akan mendukung sepenuh hati jika Pemerintah Kabupaten  Blitar hendak mengembangkan wisata ke Blitar Utara khususnya Desa Sumberasri karena dengan dibangunnya kawasan wisata maka masyarakat akan merasakan dampak positif secara langsung “ demikian diungkap Endro Busono Kepala Desa Sumberasri Kecamatan Nglegok.

Air Terjun Ondhorante ternyata tidak kalah indah dibandingkan dengan wisata air terjun yang terkenal seperti Sedudo, Cubanrondo. Dengan ketinggian kurang lebih 30 meter dan air yang mengandung belerang yang berasal dari kawah Gunung Kelud menjadi daya tarik tersendiri.  Air terjun Ondhorante terletak di kawasan hutan lindung 3,5 kilometer jika ditempuh dari perkampungan warga Dusun Gambar Desa Sumberasri. Saat ini hanya dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan jalan kaki sekitar 500 meter.

Sebelum sampai di kawasan air terjun Ondhorante wisatawan dapat mampir di Candi Gambarwetan yang merupakan peninggalan bersejarah yang ada di Desa Sumberasri dan Gardu Pandang Gambar di kawasan perkebunan cengkeh milik PT Perkebunan dan Dagang Gambar. Di Gardu Pandang ini wisatawan dapat menikmati indahnya panorama Gunung Kelud dari jarak 6 kilometer dan memandang wilayah Blitar dan Kediri dari ketinggian.

Untuk mewujudkan hal tersebut diatas perlu adanya konsep dan perencanaan yang matang serta dukungan dari semua pihak agar tujuan Pengembangan wisata ini benar-benar mampu meningkatkan Pendapatan Daerah dan kesejahteraan masyarakat.


 End.

1 komentar:

  1. ternyata cantik banget yaaa.... insha Allah kesana sambil nengok mertua.. semoga jadi.. dan tidak akan ada erupsi kelud.. amiiin ya Allah

    BalasHapus

WARGA SUMBERASRI DALAM MEMPERINGATI HARI BUMI

              Sekitar seribu lebih peserta Jelajah Lereng Kelud tingkat Jawa Timur antusias mengikuti jelajah alam menyusuri pegunungan...