Selasa, 14 Februari 2012

“SOKO” WISATA ADVANTURE EKSOTIS


Masyarakat Kabupaten Blitar pastinya tidak asing lagi dengan olahraga-olahraga ekstrim seperti Arung Jeram, Flying Fox ataupun olahraga wisata yang ada kaitannya dengan out bond. Belakangan ini out bond semakin populer, bukan hanya dikalangan mahasiswa ataupun pelajar saja, akan tetapi outbond sepertinya juga telah menyatu dengan masyarakat baik tua, muda ataupun anak-anak. Saat ini Pemerintah Kabupaten Blitar juga telah menyediakan tempat atau wahana yang memadai untuk kegiatan tersebut, sebut saja Flying Fox yang ada di kawasan wisata air Penataran, Arung Jeram di Tegal Asri, Paralayang di Gunung Pegat Srengat yang saat ini juga mulai dirintis.
Namun sebagian masyarakat pastinya juga belum banyak yang tahu selain olahraga-olahraga ekstrim yang disebutkan di atas tadi, saat ini juga telah dikembangkan pusat olahraga advanture yang berada di Desa Tegal Asri  Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Namanya SOKO Advanture yang meliputi , Camping Ground, ATV, Paket Trail, Off Road Jeep dan Paintball. Warga Blitar yang mencintai olahraga advanture sekarang tidak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk bisa menyalurkan hobi atau kecintaannya terhadap olahraga ekstrim ini. Untuk pengembangan olahraga yang bersifat advanture ini tempatnya menyatu dengan Arung Jeram atau istilah populernya Rafting.
Dengan menyatunya Rafting dengan paket-paket advanture diharapkan kawasan Soko Advanture banyak di lirik oleh wisatawan baik dari lokal Blitar ataupun luar kota karena di satu tempat, wisatawan dapat menikmati panorama Soko yang sejuk karena dikelilingi oleh hamparan sawah yang menghijau dan mencoba berbagai macam petualangan seru mulai dari pecinta olahraga yang mampu meningkatkan adrenalin seperti Arung Jeram, Off Road Jeep, ataupun Camping Ground. Selain itu kemudahannya adalah hanya dengan datang disatu tempat wisatawan disuguhi berbagai macam hal menarik sehingga tidak perlu repot-repot pergi dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari wisata advanture, di Soko Adventure semuanya ada.
Bulan Juni kemarin paket-paket dari Off Road Jeep, Atv, Trail dan Camping Ground ini diluncurkan. Sedangkan untuk Paintball wisatawan yang ingin mencoba permainan ini harus pesan terlebih dahulu. Rencananya untuk Paralayang yang saat ini sudah mulai di rintis di Gunung Pegat, untuk pengelolaannya juga di jadikan satu dengan Soko advanture ini, alasannya management harus jadi satu visi agar memudahkan kepentingan pasar meskipun tempatnya nanti berlainan akan tetapi lebih mudah untuk di jangkau oleh masyarakat.
Pengembangan  Soko advanture memang membutuhkan dana yang tidak sedikit, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Blitar tidak sendirian, pemerintah juga menggandeng seluruh warga sekitar untuk bersama-sama mewujudkan wisata adventure ini, dengan memperbantukan sekitar 24 warga Tegal Asri untuk mengelola aset wisata Kabupaten Blitar. Selain itu Dinas Pemuda, Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blitar  saat ini juga dalam taraf penjajakan dengan pihak ke tiga untuk mengembangkan wisata Soko advanture lebih maksimal.
Selain wisata adventure yang ditawarkan diatas di sekitar tempat wisata saat ini juga telah dibangun home stay atau penginapan dengan tarif yang sangat terjangkau antara Rp. 50.000-60.000 per orang, tarif ini sangat terjangkau baik oleh masyarakat Blitar ataupun wisatawan luar daerah. Tentunya hal ini juga semakin memudahkan wisatawan luar kota untuk menikmati keindahan Soko advanture lebih lama. Diharapkan dengan adanya penginapan-penginapan yang sudah ada saat ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar.
Untuk dapat menikmati permainan Off Road Jeep wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 250.000,- per jam, paket Off Road Jeep ini sudah termasuk mobil Jeep, pemandu, welcome drink, makan siang dan guide. Untuk Trail juga sama per jam biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp. 250.000 termasuk motor dan juga fasilitas yang sama dengan Off Road Jeep. Untuk informasi yang lebih lengkap terkait harga-harga yang ditawarkan, ada cara mudah untuk mengetahuinya dengan mengunjungi web site di www.soko-advanture.co.id atau bisa juga melalui alamat face book Soko adventure.
Untuk mengenalkan kepada masyarakat luas baik dari Blitar  dan luar kota Blitar, selain melalui jalur on line, Pemerintah Kabupaten Blitar juga membuat Brosur, selain itu juga mengadakan Tabletop dengan biro jasa di Jawa Timur untuk saling menukar informasi tentang objek wisata di daerah masing-masing. Juga bekerja sama dengan media elektronik seperti liputan khusus di saluran televisi.
Pengembangan wisata buatan yang ada di Desa Tegalasri Kecamatan Wlingi  Kabupaten Blitar ini tidak terhenti sampai di sini saja, rencananya Pemerintah Kabupaten Blitar juga akan menambahkan wahana outbond untuk anak-anak, dimana nanti wisata adventure anak-anak ini meliputi petualangan alam seperti, memandikan anak kerbau di sungai, menangkap belut disawah, bercocok tanam padi dan petualangan seru lainnya. Kenapa dibuat konsep alamiah seperti ini, di harapkan mulai sejak dini di tanamkan kepada anak-anak agar bisa lebih mencintai alam dan lingkungan sekitar, mengingat perkembangan di era yang serba modern, dimana mobil remote, playstation dan game online yang saat ini mewabah di dunia anak-anak sekarang. Menurut rencana pengembangan wisata out bond untuk-anak-anak ini diharapkan dapat di realisasikan untuk satu tahun ke depan.
            Menurut rencana wisata Soko adventure ini juga akan dimasukkan dalam Anugerah Wisata Propinsi, Kabupaten Blitar sendiri juga akan mengikuti tiga kategori  dengan wisata Candi Penataran sebagai wisata budaya, Pantai Tambak sebagai wisata alam dan yang terakhir Soko Aventure sebagai wisata buatan.
Selain itu saat ini Soko Adventure juga sedang mengkampanyekan usaha menyelamatkan lingkungan dalam program Soko Go Green. Dimana setiap pembelian paket wisata maka akan disisihkan sebesar Rp. 2.500,- untuk pembelian bibit pohon yang akan dilakukan penanaman serentak di kawasan Gunung Kelud sebelah timur di daerah Desa Semen.
Dengan menyisihkan uang Rp. 25.00 untuk pembelian bibit maka kita sudah menyelamatkan kehidupan 2 orang, karena satu pohon akan menghasilkan Oxygen yang mencukupi kebutuhan O2 (Oksigen) untuk 2 orang. Kegiatan ini di lakukan untuk memperingati Bulan Menanam Pohon Nasional Desember 2012 mendatang. Diharapkan dengan kegiatan seperti ini para pecinta olahraga ekstrim selain cinta dengan hobi mereka juga bisa lebih peduli dengan alam di sekitarnya.

Sumber: Majalah Penataran Kab. Blitar

1 komentar:

WARGA SUMBERASRI DALAM MEMPERINGATI HARI BUMI

              Sekitar seribu lebih peserta Jelajah Lereng Kelud tingkat Jawa Timur antusias mengikuti jelajah alam menyusuri pegunungan...