DATA POTENSI PERIKANAN KABUPATEN BLITAR

Potensi sektor perikanan di Kabupaten Blitar sangat menjanjikan. Potensi perikanan tersebut meliputi perikanan laut (tangkap) dan perikanan darat yang berupa budidaya ikan konsumsi dan ikan hias.
Di Kabupaten Blitar potensi perikanan darat sangat menjanjikan baik budidaya ikan untuk konsumsi yang dominan adalah: Tombro, Tawes, Mujair, Nila, Gurami, Lele dan Udang Windu dengan daerah pemasaran baik lokal, regional maupun nasional. Selain itu untuk ikan hias yang banyak di budidayakan adalah : Koi, ikan hias Koki, Manfish, Sedaker, Oscar Sumatra dan Black Molly lebih banyak untuk memenuhi permintaan lokal dan regional Jawa Timur.
Adapun daerah sentra ikan konsumsi di Kabupaten Blitar adalah sebagai berikut:  
NAMA IKAN
WILAYAH
Ikan Tombro
Desa Sumber (Sanankulon), Desa Kemloko (Nglegok), Desa Gandusari, Soso, dan Butun (Gandusari), Desa Sidodadi (Garum), Desa Ngreco (Selorejo)
Ikan Tawes
Desa Soso (Gandusari)
Ikan Nila
Desa Pasirharjo (Talun), Desa Klemunan dan Popoh (Wlingi) Desa Ngreco (Selorejo)
Ikan Gurami
Desa Banggle, Sawentar, Kuningan dan Tlogo (Kanigoro), Desa Pakel (Garum), Desa Bendosewu (Talun), Desa Selopuro dan Jatitengah (Selopuro), Desa Pikatan dan Kerjen (Wonodadi)
Ikan Lele
Desa Bangsri (Nglegok), Desa Sawentar (Kanigoro), Desa Dawuhan (Kademangan), Desa Jatitengah (Selopuro) ,Desa Bondosewu (Talun) Desa Jingglong (Sutojayan).

Adapun daerah sentra ikan hias di Kabupaten Blitar adalah sebagai berikut:
NAMA IKAN
WILAYAH
Ikan Koi
Desa Tawangsari dan Karangrejo (Garum), Desa Penataran, Kemloko dan Krenceng (Nglegok), Desa Sumber dan Jeding (Sanan Kulon), Desa Jabung (Talun), Desa Tlogo (Kanigoro), Desa Jati Tengah (Selopuro) dan Desa Gandusari (Gandusari).
Ikan Koki
Desa Wonorejo (Talun).
Ikan Manfish
Desa Penataran (Nglegok).
Ikan Sedaker
Desa Penataran (Nglegok), Desa Sidodadi (Garum).
Ikan Mafis, Sumateradan Black Molly
Desa Penataran (Nglegok).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar