Selasa, 05 Maret 2013

7 Solusi Atasi Kejenuhan di Kantor

Pernahkah Anda merasa pekerjaan Anda mulai terasa menyebalkan? Ya, biasanya hal itu akibat besarnya tekanan yang Anda peroleh saat bekerja. Mungkin Anda mulai merasa klien Anda semakin banyak permintaan, sementara itu di sisi lain, bos Anda mulai bertingkah sangat menyebalkan karena tidak puas dengan kinerja Anda.

Namun, anehnya semua itu baru terjadi belakangan ini. Mungkin ini pertanda Anda mulai mengalami kejenuhan, stres atau yang dikenal dengan istilah burnout. Jangan dianggap enteng. Sebab, hal itu tak hanya mengganggu pekerjaan tapi juga kesehatan Anda.
Nah, berikut ini adalah aktivitas yang cukup efektif untuk mengatasi kejenuhan, yakni :

1. Nikmati Kehidupan di Luar Pekerjaan
Jangan pernah mencampur-adukkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Saat Anda mempunyai waktu luang atau hari libur, nikmatilah dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu saat Anda kembali dengan rutinitas kerja, Anda akan kembali bersemangat.

2. Buat Kesalahan Kecil  
Berbuat salah bukan berarti dunia kiamat. Jadi, jangan ragu-ragu untuk sesekali berbuat kesalahan dalam bekerja misalnya terlihat lucu di mata rekan kerja. Sebab, secara tidak langsung hal ini akan merangsang kreativitas dan imajinasi Anda dalam bekerja, plus tantangan baru akan tercipta. Tapi ingat dalam hal-hal penting, jangan sampai Anda melakukan kesalahan, bisa-bisa Anda malah dipecat.

3. Ngobrol dengan Rekan Kerja
Hidup di metropolitan membuat seseorang cenderung individualis. Jika ingin bersosialisasi, maka nikmatilah waktu senggang Anda dengan hang out atau makan siang bersama rekan kerja Anda. Siapa tahu dengan ngobrol bersama rekan kerja, Anda bisa menemukan solusi untuk suatu masalah, yang mungkin saja pernah dialami oleh beberapa rekan kerja.

4. Meditasi
Semakin cepat Anda bekerja, semakin mudah Anda terserang stres. Untuk mengatasinya cobalah untuk selalu bawa kertas dan pensil untuk mencatat kejadian-kejadian yang membuat Anda stres sepanjang hari kerja. Kemudian, setelah tiba di rumah, coba Anda duduk dan renungkan hal-hal apa saja yang aterjadi hari itu selama 5 sampai 15 menit.

5. Kenali Diri Sendiri
Maksudnya di sini adalah mengenal bagaimana diri Anda bereaksi saat bekerja dalam tekanan. Untuk mengetahuinya Anda bisa menanyakan kepada rekan kerja atau orang-orang yang mengenal Anda dengan baik. Jangan merasa putus asa, ingatlah bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Bila Anda sudah mempunyai pemahaman ini, maka Anda bisa mengatasinya dengan mudah.

6. Kenali Pemicu Masalah
Apakah Anda merasa kesal karena tekanan yang Anda alami di kantor atau bawaan dari masalah di rumah yang tidak terselesaikan dengan baik. Dengan mengenali penyebab stress ini, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan solusinya.

7. Minta Bantuan Tenaga Profesional
Seandainya Anda tetap tidak bisa menemukan cara-cara yang efektif untuk mengatasi problem Anda, ada baiknya menemui konselor atau tenaga profesional yang memang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah Anda. Jangan takut dianggap aneh. hendra (sumber: jobstresshelp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WARGA SUMBERASRI DALAM MEMPERINGATI HARI BUMI

              Sekitar seribu lebih peserta Jelajah Lereng Kelud tingkat Jawa Timur antusias mengikuti jelajah alam menyusuri pegunungan...