Minggu, 12 Februari 2012

Sering Sakit Kepala, Apakah Kanker Otak?


img
(Foto: thinkstock)
Dok, satu bulan yang lalu saya mengalami sakit kepala, mual bahkan muntah-muntah. Saya merasa itu hanya masuk angin biasa. Tapi hal ini terjadi lagi pada 2 hari berikutnya dengan sakit kepalanya. Apakah ini gejala dari penyakit kanker otak? Mohon pencerahannya Dok. Terimakasih.

Mario (Pria Lajang, 21 Tahun), mariXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 173 Cm dan Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Sekitar 99 persen sakit kepala yang dirasakan oleh masyarakat bukanlah akibat kanker dan sebagian besar sakit kepala muncul akibat stres, migrain, sinusitis.

Tidak ada cara sederhana untuk mengetahui apakah sakit kepala yang muncul akibat tumor otak atau tidak, karena beberapa kasus tumor otak justru tidak mengalami sakit kepala sama sekali.

Gejala tumor otak yang muncul bisa sangat luas dan beragam karenanya diperlukan pemeriksaan dokter untuk memperkuat diagnosa. Salah satu pemeriksaan penunjang yang dilakukan adalah CT-scan untuk melihat gambaran otak dan struktur disekitarnya.

Rasa sakit kepala, mual dan muntah dapat dikarenakan banyak sebab, tumor pun dapat menyebabkan rasa sakit dan mual muntah. Kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan CT-Scan atau MRI kepala untuk melihat apakah ada tumor atau infeksi lainnya. Hasil pemeriksaan tersebut dapat dibawa ke pusat konsulatasi kami untuk konsultasi gratis dengan dokter, agar anda bisa mendapatkan informasi lebih detil dan pengobatan yang lebih terarah.

Beberapa gejala bisa saja seperti sakit kepala yang muncul disertai dengan sakit kepala seperi mual, pusing, muntah, hilang kesadaran atau tiba-tiba pingsan, kejang, kesulitan bicara, kelemahan pada tungkai atau masalah dengan penglihatan tepi. Sakit kepala yang semakin memburuk, sakit kepala yang muncul semakin lama semakin sering selama periode hari, minggu atau bulan.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong
Adalah dokter di Rumah Sakit Modern Hospital Cancer, Guangzhou yang merupakan rumah sakit swasta yang telah diakui Departement Kesehatan Pemerintah China, dibawah naungan yayasan group 'Bo Ai'.

Pusat konsultasi cabang di Jakarta ada di RS Awal Bros, Jln MH Thamrin No.3 - Kebon Nanas Cikokol Tangerang, Phone: 021-99933380 , 021-92088881, 0818197758 atau cabang Surabaya di Jl HR Muhammad 75A Surabaya, dan no telp 031-7315222.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar